Skip to main content

RAHASIA BIKIN SAMBAL BABY CUMI LEZAT MANTAP

RAHASIA BIKIN SAMBAL BABY CUMI LEZAT MANTAP
Holaaaaaaa my beloved recipe hunters!
Gimana kabar kalian? Semoga kabar baik dan bahagia deh ya. Aku juga lagi bahagia banget karena akhirnya bisa berbagi resep sambal baby cumi ini ke kalian semua. Makanya bagus banget sekarang kalian baca artikel ini. Biar seceptanya bisa nikmatin masakan ini.
Biarpun cuma sambal, tapi rasanya gak sebiasa sambal pada umumnya. Karena ya itu tadi, ada si orok alias bayinya cumi-cumi. Emang ya diatuh enak banget, cumi fresh enak, yang dibikin cumi asin juga enak. Tapi untuk resep ini, kita pakenya cumi asin ya. Jadi, recipe hunters gak usah tambahin garam lagi pas masak. Terus ini sengaja kasih yang porsi dikit. Biar kalian yang pertama kali nyoba gak harus ngemodal banyak-banyak. Karena ini sambal, jadi segini juga bisa buat makan berkali-kali. Yaudah nih, baca resepnya ya. 
https://bagirecipes.blogspot.com/
Bahan :
  • 100 gr Baby Cumi
  • 10 siung Bawang Merah
  • 1 siung Bawang Putih
  • 1 buah Cabai Merah
  • 10 buah Cabai Rawit (sesuai selera)
  • ½ potong Kemiri
  • 2 buah Tomat sedang
  • 1 sdt Kaldu Ayam Bubuk
  • 2 ½  sdt Gula Pasir
  • 4 sdm Air
  • 50 ml Minyak Sayur
Cara Membuatnya :
  1. Rendam baby cumi dengan air panas, lalu iris kecil.Lalu iris semua bawang merah dan tomat.
  2. Selanjutnya siapkan cobek dan ulek cabe rawit, cabe merah, bawang putih, dan kemiri.
  3. Tambahkan bawang merah dan tomat yang tadi diiris. Aduk bersama dalam cobek.
  4. Panasakan minyak dan tumis baby cumi selama sekitar 3 menit.
  5. Kemudian masukkan sambal uleknya.
  6. Tambahkan kaldu ayam,gula pasir, dan air. Jangan lupa koreksi rasa.
  7. Masak sambal sampai kadar airnya surut dan matang.
Selesai! Ingat ya gak perlu pakai garam, nanti keasinan. Terus pas numis cumi, pakai api kecil aja biar gak meledak kesana kemari. Dan kalau kalian doyan, bisa juga dimix sama pete. Masalah bumbu mah tinggal atur lagi aja, yang penting semuanya lengkap jadi rasanya seimbang. Ah pokoknya enak banget deh. Menurutku sih makan nasi sama sambal baby cumi ini doang juga udah matul banget. Apalagi kalau dibarengi kerupuk hehehe. Eh iya, lagi-lag yang suka nyetok, bisa ya. Seperti biasa tinggal masukkan sambalnya ke wadah tertutup dan simpan di lemari pendingin. Insyaallah, udah terbukti tahan 10 hari tanpa berubah rasa sedikitpun. Jadi kalau mau makan tinggal simpen di bawah nasi panas aja, jadi ntar lumer sendiri sambalnya. Yu ah buruan recook. Mudah-mudahn kalian suka ya resepnya. Makasi lho udah main-main ke Bagi Recipes. Happy trying my recipe hunters!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->