Skip to main content

CIMIN PEDAS MANTUL

CIMIN PEDAS MANTUL
Hulaaaaaaa recipe hunters!
Setuju gak sih kalau hampir semua makanan berbahan dasar tepung tapioka itu enak? Dibikin makanan manis kayak kolak pacar cina aja enak, apalagi dibikin makanan asin dan pedas uhhh mantul pastinya. Oh iya, tepung tapioka alias aci (kalau kata orang Sunda) adalah tepung yang terbuat dari sari pati singkong. Makannya kalau diolah teksturnya jadi kenyal dan lengket.
Kalau kita lihat makin sini makin banyak banget olahan berbahan dasar tepung tapioka ini. Udah gitu kebanyak nama makanannya merupakan singkatan dari kata aci dan jenis olahan makannya. Mulai dari cireng yang artinya aci digoreng. Cilok yang berarti aci dicolok (tusuk). Cipuk yang merupakan perpaduan antara aci dan kerupuk. Ada pula cimol, cigor, cibay, cilor, dan ci ci an lainnya.
Nah selain yang tadi aku sebutkan, ada lagi nih yang akhir-akhir ini mulai viral dan banyak dijual sama mamang roda tiga. Apa tuh? Yupss, Cimin alisan aci mini. Olahan ini gak kalah enak dari kakak-kakaknya terdahulu lho. Apalagi cimin ini bisa bumbui dengan berbagai rasa yang tentunya bikin rasanya makin mantul. Kalau recipe hunters mau coba ngolah si cimin, mending langsung aja pelajari resep di bawah ini!
https://bagirecipes.blogspot.com/

Bahan :
  • 250 gr Tepung Tapioka / Aci
  • 50 gr Tepung Terigu
  • 300 ml Air mentah
  • 1/2 sdt Garam
  • 3 butir Telur Ayam
  • Secukupnya Air Untuk Merebus
  • 8 sdm Minyak Sayur
  • Secukupnya Cabai Bubuk
  • Secukupnya Penyedap Rasa
Cara Membuat :
  1. Panaskan air sampai mendidih.
  2. Buat adonan cimin dengan mencampurkan tepung tapioka (aci), tepung terigu
  3. Aduk menggunakan spatula, kemudian uleni menggunakan tangan hingga kalis. Setelah air masuk, adonan harus langsung diaduk dan diuleni agar tidak menggumpal.
  4. Ambil secukupnya adonan, geleng-geleng sampai memanjang (seperti pempek lenjer), kemudian potong-potong sekitar ½ cm. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Panaskan kembali air sampai mendidih, rebus potongan cimin tadi. Sebentar saja asal mengapung.Angkat, kemudian tiriskan.
  6. Selanjutnya panaskan 8 sendok makan minyak sayur, lalu tumis cimin.
  7. Tambahkan 3 butir telur ayam yang telah dikocok lepas. Aduk rata.
  8. Beri bumbu dan bubuk cabai sesuai selera.
  9. Masak sampai matang dan cimin pedas siap disajikan.
Nah, itu dia resep ciminnya! Oh iya, kalau kalian gak suka pedes bumbunya ganti aja sama bumbu barbeque, keju, balado, atau bumbu serbuk lainnya. Selain itu kalian juga bisa mix si cimin ini bareng sosis atau bakso. Jangan sedih rasanya bakal tetep mantul kok xixixi. Makasi ya udah main-main ke Bagi Recipes, semoga resepnya bermanfaat. Happy trying hunters!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->