Skip to main content

INI DIA RAHASIA BIKIN CIMOL BALADO,ANTI MELEDAK DAN KENYAL!

INI DIA RAHASIA BIKIN CIMOL BALADO,ANTI MELEDAK DAN KENYAL!
Holaaaa recipe hunters!Hayo ngaku, siapa yang musim hujan gini hobinya mager di rumah? Recipes hunters yang acungin tangan, kalian semua satu selera denganku haha. Emang kan hujan-hujan mah enaknya rebahan atau nonton drama korea sambil cemal-cemil. Tapi kalau hujan mah, mau beli camilan keluar juga males ya, udah basah, kedinginan pula. Gimana kalau kita bikin camilan sendiri aja? Yang simple, gak ribet, no oven, no mixer, no blender. Cukup ngandelin kekuatan tangan aja. Yuk ah yuk!
Kali ini Bagi Recipes mau share resep bikin cimol alias aci digemol kalau kata orang Sunda mah. Eh aci itu tepung tapioka ya, siapa tau kalian lupa hehe. Pernah gak sih kalian bikin cimol tapi pas digoreng meledak-ledak gitu, terbang kesana kemari? Kalau aku sih pernah, sampe merah-merah deh tangan kena minyak panas. Tapi gak apa-apa sih, berkat pengalaman meledak itu aku jadi bisa bikin resep cimol yang anti meledak kayak di bawah ini nih.
Aku juga mau share dua tipe ya, ada cimol kering dan cimol basah. Jadi recipe hunters tinggal pilih tipe cimol yang kalian mau.
https://bagirecipes.blogspot.com/

Bahan :
  • 250 gr Tepung Tapioka/ Aci
  • 50 gr Tepung Terigu
  • 1 sdt Garam
  • 2 siung Bawang Putih, haluskan
  • Secukupnya Bumbu Balado Bubuk
  • Secukupnya Kaldu Ayam Bubuk (optional)
  • Secukupnya Minyak Sayur
  • 250 gr Air, didihkan
Cara Membuat :
  1. Campurkan tepung tapioka, terigu, dan bahan lainnya dalam baskom.
  2. Tuangkan air mendidih sedikit-demi sedikit.
  3. Uleni adonan sampai kalis menggunakan spatula, dilanjut pakai tangan.
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil (seperti sukro). Boleh juga dibentuk seperti pempek lenjer, kemudian dipotong per 1 cm.
  5. Untuk yang basah, goreng cimol pada minyak panas sekitar 1-2 menit saja, lalu angkat.
  6. Untuk yang kering, masukkan cimol saat minyak masih dingin. Lalu masak cimolsekitar 10 menit sampai kering, gunakan api kecil.
  7. Setelah matang, angkat, tiriskan, dan taburi cimol dengan kaldu bubuk dan bumbu balado bubuk.
Barusan udah bikin apa baru dibaca doang? Gimana gak meledak kan? Jadi kalian gak usah takut-takut lagi ya kalau mau bikin cimol. Dijamin resep ini aman, tentram, dan mengenyangkan. Biarpun modal bikinnya murah, tapi satu resep di atas bisa cukup untuk cemilan tiga orang lho. Kalau mau dipake resep buat jualan di rumah juga bisa. Jadi jangan lupa cobain resepnya ya. Makasi lho udah main-main ke Bagi Recipes. Semoga resep kami bermanfaat. Happy trying hunters!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->