Skip to main content

AGAR GULA MERAH KLASIK

AGAR GULA MERAH KLASIK
Holaaaaa my recipe hunters!
Kalian lebih suka makan agar, jelly, atau puding nih? Ketiga jenis agar ini emang serupa tapi tak sama ya. Agar teksturnya lebih padat dan biasanya rasanya manis, sedangkan jelly lebih kenyal dan rasanya manis tapi bisa juga dibuat agak asam atau hangat mint. Lalu puding terkturnya justru lebih lembut dan rasanya manis milky gitu. Semuanya sama-sama enak dan gampil banget bikinnya. Apalagi zaman sekarang udah banyak adonan instannya. Tapi produk instant juga gak selalu pas ya, kadang rasanya gak sesuai sama selera kita. Makanya yang paling aman mah tetep hunters, bikin sendiri wkwkw.
Kayak hari ini nih, aku mau bagi-bagi resep camilan manis yang cukup legend.Dia adalah Agar Gula Merah Klasik. Kenapa dinamai klasik? Karena menu ini sebenarnya udah ada dari dulu banget, tapi tetep aja masih eksis sampe sekarang karena dia punya nilai tersendiri dilidah para pecintanya. Jadi biarpun hanya camilan sederhana, tapi rasanya luasa biasa enak dan khas banget. Mau langsung bikin? Nih resepnya!
https://bagirecipes.blogspot.com/
Bahan :
  • 1 bks Agar Bubuk Plain (boleh juga warna coklat atau merah)
  • 130 gr Gula Merah
  • 100 gr Santan Cair
  • 2 lembar Daun Pandan
  • 900 ml Air
  • ¼ sdt Garam (optional)
Cara Membuat :
  1. Buat kinca : sisir gula merah, kemudian rebus/lelehkan dengan air secukupnya. Selanjutnya saring agar tidak berdedak.
  2. Campurkan kinca, bubuk agar, santan cair, dan sisa air ke dalam panci.
  3. Masak agar sampai mendidih, gunakan api sedang.
  4. Tambahkan sedikit garam, lalu koreksi rasa.
  5. Angkat agar dan tuangkan ke dalam wadah/ cetakan yang diinginkan.
  6. Tunggu sampai set dan Agar Gula Merah siap dinikmati. Dimakan dingin lebih segar.
Resep di atas jadi 8 cup dengan isi sekitar 120 ml. Tapi itu mah bebas ya mau pake cetakan ukuran apapun. Asalkan sebelum adonan dituang, selalu diaduk dulu. Biar di setiap gelas adil, kebagian agar bersantannya. Soalnya kalau udah set kan keliatan tuh, misah antara agar bersantan dan enggak. Asli deh ini enak banget. Rasa agar gulmer ini manis dan gurih dari santan dan garamnya. Si manis ini juga tak lekang usia lho, bisa dikonsumsi oleh semua kalangan. Jadi satu resep untuk semua keluarga gitulah haha. Oh iya, menurutku santan jangan diganti pakai fibercream ya. Soalnya udah cocoknya begini, enaknya begini hehe. Kecuali kalau gak ada santan atau penasaran aja mau bikin perbandingannya, boleh lah kalian coba. Yaudah buruan siapin bahannya, semoga suka ya sama resepnya. Makasi banyak udah main-main ke Bagi_Recipes. Happy trying hunters!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->