Skip to main content

CARA BIKIN NASI KUNING RICE COOKER, MUDAH DAN PULEN

CARA BIKIN NASI KUNING RICE COOKER, MUDAH DAN PULEN
Holaaa recipe hunters!
Lha, kok resep nasi kuning lagi sih, kan dulu udah pernah diunggah. Hehe kalian yang udah baca resep nasi kuning terdahulu gak usah heran ya. Aku gak lali kok, alhamdulillah belum pikun, dan kalian semua benar. Ini emang sama-sama resep nasi kuning, tapi takaran dan cara masaknya beda sama yang dulu. Jadi resep kali ini aku bikin beda, bikinnya bukan di panci kukusan dan kompor, tapi di rice cooker. Terus takannya bukan main gram, tapi pakai ukuran gelas dan tarakan sendok. Kenapa harus bikin versi ini? Karena aku mah maunya ngasih yang praktis-praktis aja buat kalian. Ngasih resep yang alat dan bahannya dijamin semua orang punya. Biar terhempas deh tuh alasan-alasan kayak menunya susah, ribet, alatanya gak punya, masaknya lama, dan apapun itu yang bikin kalian jadi males masak.
Selain praktis, nasi kuning rice cooker ini juga punya rasa yang gak kalah dari nasi kuning yang dibikin secara manual. Teksturnya pun pulen, walau tanpa di mix dengan beras ketan. Yang penting kalian siapkan bahan yang sesuai dan ikuti langkang masaknya sesuai resep di bawah ini ya!
https://bagirecipes.blogspot.com/
Bahan :
  • 2 gelas belimbing Beras
  • 2,5 gelas Air
  • ¼ gelas belimbing Santan Cair
  • 1,5 sdt Penyedap Rasa
  • 1 sdt Garam
  • 1,5 sdt Kunyit Bubuk
  • 1 lembar Daun Pandan
  • 3 lembar Daun Salam
  • 1 tangkai Sereh, Memarkan
  • 2 siung Bawang Merah (Optional)
  • 1 sdm Minyak Sayur
Lauk :
Telur dadar, Ayam goreng, Orek Tempe, Kacang Teri, dan Sambal Terasi.
Cara Membuat :
  1. Cuci beras sampai bersih dan masukan ke dalam panci rice cookerbersama seluruh bahan lainnya.
  2. Aduk dan koreksi rasa, lalu masukkan panci ke dalam rice cooker dan tekan tombol cook.
  3. Biarkan rice cooker bekerja sendiri sampai nasi matang. Setelah nasi matang, aduk-aduk sampai uapnya berkurang.
  4. Terakhir, sajikan nasi dan lengkapi dengan lauk sesuai selera.
  5. Sembari menunggu, kalian bisa masak menu lain untuk lauknya ya.
Jadi nih Nasi Kuning Rice Cookernya. Bener-bener anti ribet ya, nasinya gak pelu digigih dan dikukus dulu. Tinggal langsung cemplung, tekan tombol, dan matang. Resep di atas cukup untuk dimakan 3-4 orang, tergantung segimana gembul kalian wkwk. Kalau kalian mau bikin dua atau tiga kali resep ini, boleh kok. Tapi jangan lupa, lakukanbeberapa kali prosescook ya. Jadi setelah tombol rice cooker beralih ke warmer, kalian buka dan aduk dulu nasi kuningnya. Terus tutup dan tekan cook lagi. Lakukan 2 atau 3 kali sampai seluruh nasinya benar-benar matang, gak ada yang keras atau masih gigih. Proses cook yang kedua dan ketiga gak selama yang pertama kok, paling sekitar 10 menit aja. Yuk ah segera coba praktek resepnya di rumah.  Dan kalau ada yang mau request resep lauknya, tinggalin pesan kalian di komen ya. Semoga kalian suka resepnya. Makasi udah main-main ke Bagi Recipes. Happy trying hunters!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->