Skip to main content

SATE JAMUR TIRAM SEDERHANA DAN ENAK

SATE JAMUR TIRAM SEDERHANA DAN ENAK
Hulaaaa recipe hunters!
Jamur jamur jamur lagi. Rindu rindu rindu lagi. Eits kok malah nyanyiin lagunya The Sister, pake gonta-ganti lirik pula, haduhhh ampun mak. Jadi gimana nih? Rindu makan jamur gak? Atau malahrindu si dia? Eh tapi Dilan bilang jangan rindu, berat ceunah hahaha. Ngelantur gak jelas nih. Serius deh, angkat tangan kalian yang sekarang lagi pengen makan jamur? Hmm berapa orang ya kira-kira. Pokoknya aku ramal, kalian yang baca artikel ini fix lagi pengen ya xixixi.
Jadi hunters, Bagi Recipes mau bagi-bagi menu baru dari si jamur nih. Jamur yang kita pake tentu saja si putih, jamur tiram. Kalau biasanya kita masak jamur tiram cuma ditumis, digoreng krispi, atau dijadiin pepes aja. Kali ini kita coba cara baru yaitu dipanggang alias dibikin jadi sate.
Rasa dari sate jamur ini enak banget lho, manis gurihnya bener-bener meresap karena si jamurnya ini kita tumis dulu sebelum dijadikan sate. Tekturnya juga kenyal-kenyal lembut gitu. Belum lagi kalau dibarengi saus kacang atau saus kecap rawit yang dilengkap irisan bawang merah, uhh makyoss kali. Daripada kelamaan berkicau, aku langsung aja kasih resepnya sekarang yaaa...

https://bagirecipes.blogspot.com/

A. Bahan 
  • 250 gr Jamur Tiram
  • 4 sdm Kecap Manis
  • 2 siung Bawang Putih
  • ½ sdt Kunyit Bubuk
  • 1 sdt Ketumbar Bubuk
  • ½ sdt Garam
  • 1 sdt Penyedap Rasa
  • ¼ sdt Merica Bubuk
  • Minyak untuk memanggang
  • Secukupnya Tusuk Sate
B. Cara Membuat :
  1. Siangi jamur tiram, boleh dicuci atau hanya di lap jika jamurnya terlihat bersih.
  2. Haluskan bawang putih. (Kalau kalian mau paki merica, kunyit, dan ketumbar utuh, boleh langsung diulek barengan).
  3. Campurkan bawang putih dan bumbu lainnya ke dalam jamur tiram, aduk hingga semua jamur terlumuri bumbu.
  4. Tumis sebentar sampai jamur tiramnya layu dan tidak berair. Menumisnya tidak perlu pakai minyak ya.
  5. Setelah jamur agak dingin, suwir-suwir, lalu tusuk dengan tusuk sate.
  6. Setelah itu panggang dalam telfon sampai matang, sebelumnya beri tiga sendok makan minyak sayur pada telfon. Boleh juga dipanggang menggunakan pembakaran khusus ya kalau kalian mau.
  7. Untuk pelengkapnya sediakan saus dari kecap yang telah diberi irisan cabai rawit dan bawang merah.
Itu dia resep Jamur Tiram Sederhana dan Enak versi Bagi Recipes. Gampang banget kan? Resep ini bisa jadi 8 – 10 tusuk sate jamur, jadi tergantung kalian aja mau isi seberapa banyak per tusuknya. Buat kalian yang mau bilang “Tapiaku males banget nusuk jamurnya satu per satu ah” atau malah “Aku di rumahnya belum punya alat pemanggang nih gimana dong”. Jangan sedih hunters, kalian tetep bisa nikmatin sate jamur ini kok. Caranya setelah menumis jamur (sampai seluruh airnya meresap), kalian tinggal tambahkan aja 2 sendok makan minyak sayur ke dalam wajan itu. Lalu masak pakai api kecil, sampai jamurnya agak gosong-gosong dikit biar aroma khas satenya keluar.  Setelah itu angkat dna santap deh. Rasanya tetep sama kok, hanya beda cara penyajian aja. Seperti biasa, makasi banyak udah main-main ke Bagi_Recipes, semoga resep kami bermanfaat. Happy trying hunters!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->