Skip to main content

Resep Membuat Kue Kipas Manis Kacang Mede Enak

Resep Membuat Kue Kipas Kacang Mede Enak - Membuat kue kipas ini sebenarnya sangatlah mudah dan resepnya pun tidak terlalu sulit, ini seperti kue pada umumnya hanya saja bentuk dan tambahan kacang mede yang membedakan dengan kue lainnya. Kue kipas ini banyak dijual di toko-toko kue ternama namun hanya beberapa yang biasa menggunakan tambahan kacang mede, tapi daripada anda susah dan mahal untuk mencarinya mending anda buat sendiri dirumah, lebih santai dan sesuai keinginan. Di setiap sesi lebaran biasanya kue ini sering hadir penampakannya di hadpan kita hehe, tapi kali ini kita akan membuatnya diluar lebaran. Oh iya sebelum berlanjut ke proses pembuatan sebaiknya anda siapkan cetakan adonan kue yang berbentuk seperti kipas, ini untuk membedakan bentuk kue dari yang lainnya, cetakan kue ini juga banyak dijual di pasar tradisional dan tempat bahan kue terdekat di tempat anda. Hal kedua yang harus anda perhatikan tidurkan dahulu anak anda biar proses pembuatannya lancar tanpa ada hambatan gangguan anak-anak, biasanya anak-anak lebih senang nimbrung dengan proses ini karena mereka menganggap seperti main-main biasanya, sudah itu yuk langsung aja kita ke dapur.


Bahan:
  • 8 butir telur ayam
  • 350 gram mentega/Margarine
  • 275 gram gula pasir halus/bubuk
  • 600 gram tepung terigu
  • 250 gram susu bubuk
  • 250 gram kacang mede
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 250 gram gula pasir ( diseduh, dibuat caramel )
  • 1/2 sendok teh garam
  • pewarna makanan secukupnya
Note : Bahan diatas hanya sebagai acuan, anda bisa menambahkan sesuai kebutuhan.

Cara Membuatnya :
  1. Aduk Mentega dan gula halus hingga merata dan putih.
  2. Tambahkan telur ayam, aduk sebentar, lalu masukkan tepung, susu bubuk, vanili bubuk dan garam aduklah hingga merata.
  3. Gilas adonan dengan ukuran 25mm, kemudian cetaklah adonan dengan menggunakan cetakan berbentuk kipas. Olesi dengan karamel tadi diatas hasil cetakannya.
  4. Buat campuran gula halus dengan mentega cair ditambah warna merah. Masukkan kedalam plastik. Beri hiasan berbentuk seperti kipas di atas cetakan dan jangan lupa tambahkan kacang mede.
  5. Pindahkan adonan hasil cetakkan ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan tepung secukupnya.
  6. Kocok 1 butir kuning telur ayam, dan olesi adonan satu persatu diatasnya.
  7. Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celsius selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang dan terlihat aga menua warnanya.
  8. Angkat satu persatu ke dalam wadah besar. Dinginkan dan susunlah dalam  wadah dengan rapi.
  9. Kue kipas manis kacang mede siap dihidangkan.
Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->