Skip to main content

Cara Membuat Es Jeruk Bali

Cara Membuat Es Jeruk Bali - Jika selintas dilihat dari nama makanan ini pasti banyak orang berpikiran bahwa ini merupakan es dari daerah bali, padahal es jeruk bali ini merupakan es yang salah satu bahan pokonya menggunakan jeruk bali, memang sih jeruk bali merupakan jeruk yang berasal dari wilayah bali, tapi es jeruk bali ini merupakan racikan sendiri. Mungkin diluar sana banyak juga yang sudah mencoba bahan  seperti  resep ini, terutama daerah-daerah kuliner di tengah keramaian kota. Meskipun campuran bahannya sedikit es jeruk bali ini banyak mengandung vitamin terutama dari bahan buahnya dan sanggup membuat anda ketagihan, apalagi ditengah udara panas menjelang waktu istirahat jam kerja sekitar jam 12:00-14:00, pasti pas deh dan bisa menghilangkan rasa haus yang menyerang tenggorokan anda. Es jeruk bali ini sangat mudah membuatnya, tak banyak campuran bahan begitu juga  dengan bahannya yang mudah anda dapatkan di pasaran. Es jeruk bali ini juga cocok menjadi minuman penutup apalagi setelah makan yang pedes-pedes, karena saya rasa hampir kebanyakan orang juga senang dengan makanan pedas.


Bahan :
  • 2 buah jeruk sunkis
  • 150 gram jeruk bali matang segar ( jika kurang matang jeruk akan membawa rasa pahit pada es )
  • 3 buah markisa segar
  • es batu secukupnya
Bahan Sirup :
  • 200 cc air perasan jeruk nipis
  • 100 cc sirup rasa nanas
  • 250 ml air soda
Note : Bahan diatas hanya sebagai acuan, anda bisa menambahkan sesuai kebutuhan.

Cara Membuatnya :
  1. Kupas kulit dan kelumud jeruk sunkis sampai bersih, setelah itu dipotong-potong menjadi beberapa bagian kecil.
  2. Kupas jeruk bali dari bagian kulit dan kelumudnya sampai bersih, lalu pisahkan jeruk menjadi bagian butiran-butiran kecil kedalam wadah terpisah.
  3. Cuci dengan air buah markisa dan ambil bagian dalamnya, ini bisa dipotong kecil atau dibentuk dengan menggunakan sendok/alat pembentuk seperti untuk sop buah.
  4. Campurkan 200 cc air perasan jeruk nipis, 100 cc air sirup rasa nanas, dan 250 ml air soda ke dalam wadah dan pisahkan.
  5. Tata dalam wadah lain jeruk sunkis, jeruk bali, dan markisa semenarik mungkin, lalu tuangkan campuran bahan sirup tadi kedalamnya.
  6. Es jeruk bali siap dihidangkan, jangan lupa tambahan es batu, es jeruk bali ini akan terasa lebih enak apalagi bila dimakan pada siang hari saat terik sinar matahari membakar tenggorokan anda. Rasa jeruk yang sedikit masam akan membuat badan anda lebih segar.
Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->