Skip to main content

Resep Sop Buntut Spesial Enak dan Sangat Mudah

Resep Sop Buntut Spesial Enak dan Sangat Mudah - Sup atau lebih dikenal dengan sebutan sop buntut di indonesia adalah salah satu masakan paling populer, biasanya sop buntut ini sesuai namanya berbahan utama buntut/ekor sapi yang di olah dengan berbagai proses dan jadilah sebuah masakan dinamakan sop buntut, sebenarnya sop buntut ini tidak hanya populer di indonesia di belah dunia lain juga sama seperti di negara korea, cina dan amerika serikat dengan berbagai macam varian. Sop ini juga sama halnya dengan sop sayur biasa cuma bedanya buntu/ekor sapi ditambahkan tomat,wortel dan bawang daun yang menjadi bahan utama sedangkan sop biasa biasanya berbahan utama sayuran tapi sop biasa juga sama memakai daging. Sop buntut di indonesia khususnya banyak ditemukan berbagai pelosok terutama  jalan utama kota tempat keramaian banyak orang, bahkan ada sebagian dari pengusaha yang mencoba peruntungan dengan membuka sebuah kedai atau warung yang khusus menyajikan sop buntut atau berbagai macam olahan variasi makanan dengan bahan utama buntut sapi ini. Sumber Wikipedia

Tapi untuk kaum hawa ni pastinnya ingin tau dong cara membuat dan mengolah sop buntut sapi ini, untuk para suami, keluarga atau bahkan bisa juga sebagai latihan membuka warung nasi. Mengolah buntuk sapi sebenarnya susah-susah gampang, tapi jika anda mengetahui tips cara mengolahnya ini menjadi sangat mudah, saat anda belanja buntut sapi di pasar atau supermarket mintalah buntut sapi tersebut agar dipotong-potong sesuai ruasnya supaya anda tinggal membersihkan saja nanti dirumah, tapi biasanya seperti di supermarket sudah ada buntut sapi yang siap saji dengan takaran sesuai kebutuhan walaupun harganya lebih mahal dibanding di pasar tradisional. Anda pilih saja, tapi untuk menghemat sebaiknya belanjalah di pasar tradisional karena dari segi harga mungkin jauh lebih hemat dibanding di supermarket. Tapi itu juga tergantung anda karena anda yang bereksperimen. Sebelum memasak mari kita simak terlebih dahulu bahan dan cara pengolahanya di bawah ini.

Bahan :
  • 500 gram buntut sapi segar
  • 125 gram kentang ( dipotong-potong )
  • 75 gram wortel yang masih segar ( dipotong-potong )
  • 800 ml air bersih
Bahan Bumbu :
  • 1 sendok makan Merica halus
  • 1 sendok makan Garam
  • 3 sendok makan Bawang merah yang di iris
  • 1 sendok makan pala
  • 5 buah cengkeh
  • 2 buah tomat segar
  • 2 batang seledri segar
  • 2 sendok makan Bawang daun di iris
Note : Bahan ini hanya sebagai acuan saja , anda bisa menambah sesuai kebutuhan dan selera.

Cara Membuatnya :
  1. Bersihkan potongan buntut sapi lalu rebuslah setengah matang kurang lebih 15-20 menit, dan jika sudah buanglah air rebusannya.
  2. Masukan air 800ml dan buntut sapi yang sudah direbus diatas , lalu tambahkan bumbu rempah-rempah  merica, garam, pala, cengkeh, bawang merah dan rebuslah kembali sampai  daging  buntut sapi empuk.
  3. Masukkan potongan wortel, kentang , tomat dan rebus terus dengan api sedang sampai buntut sapi dirasa matang.
  4. Untuk finishing, masukkan irisan daun bawang, seledri untuk disajikan di meja makan.
Semoga Bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->